Wednesday, March 28, 2012

Mengenal Ikan Gabus

      Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar dan merupakan ikan konsumsi yang populer dikalangan masyarakat Indonesia, ikan ini dikenal dengan nama latin Ophiocephalus striatus, berikut klasifikasi ikan gabus secara umum, 
Filum                   :  Chordata
Sub Filum           :  Vertebrata
Klass                   :  Pisces
Ordo                    :  Labyrinthicea
Sub Ordo            :  Ophiochepaloidea
Famili                  :  Ophiochepalidae
Genus                 :  Ophiocephalus
Spesies              :  Ophiocephalus striatus
Secara morfologi ikan gabus ini memiliki ciri yaitu bentuk badan yang bulat di depan dan pipih di belakang. 
    Mempunyai punggung yang berwarna coklat tua hampir hitam dengan perut putih kecoklatan. Ukuran maksimal ikan ini dapat mencapai 90 cm. Ikan gabus dapat hidup di sungai, danau, rawa air tawar dan air payau. Ikan gabus merupakan ikan karnivora yang makanannya antara lain adalah udang, ikan kecil, kepiting, katak, cacing dan serangga air.
      Didalam daging Ikan gabus terdapat albumin yaitu jenis protein yang mempercepat proses penyembuhan luka dan pembentukan jaringan baru terutama bagi mereka  pasca operasi dan melahirkan. Selain membantu pembentukan jaringan baru, albumin yang berada di dalam darah juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan air di dalam sel, memberikan gizi di dalam sel, dan membantu mengeluarkan produk buangan. Albumin juga berfungsi mempertahankan pengaturan cairan di dalam tubuh. Sangat disarankan bagi mereka untuk mengkonsumsi daging ikan gabus dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, ataupun dibuat sup. Ikan gabus goreng atau bakar memang lebih nikmat, tetapi nilai gizinya turun. Selain itu, menggoreng biasanya dilakukan dengan minyak berlebih, sehingga dapat meningkatkan kadar lemak pada ikan.
    Dikarenakan kandungan kolagen yang rendah menyebabkan daging ikan gabus menjadi lebih mudah dicerna bagi orang yang baru sembuh dari sakit,bayi dan kelompok usia lanjut.
Berikut Komposisi Zat Gizi Ikan Gabus dalam 100 gr Bahan
         Unsur Gizi                                                          Kadar
Air (g)                                                                                77
Protein (g)                                                                        20
Lemak (g)                                                                        1,5
Mineral (g)                                                                       1,3
Lain-lain (g)                                                                     0,2
Sumber : Achjar (1986)
    Selain dagingnya yang dapat dikonsumsi, ternyata kulit ikan gabus dari hasil proses penyamakan kulit dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan seperti tas dan dompet dari kulit ikan gabus. Ikan gabus juga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan daging ikan seperti pempek, bakso ikan, abon ikan dan kerupuk ikan.

No comments:

Post a Comment