Friday, March 30, 2012

Protein Ikan

        Ikan merupakan salah satu sumber zat gizi penting bagi proses kelangsungan hidup manusia. Manusia telah memanfatkan ikan sebagai bahan pangan sejak beberapa abad yang lalu. Sebagai bahan pangan ikan mengandung zat gizi utama berupa protein, lemak, vitamin dan mineral. Karena nilai gizi yang tinggi tersebut maka produk–produk olahan dari ikan memiliki nilai gizi tinggi terutama kadar protein.

        Protein ikan menyediakan lebih kurang 2/3 dari kebutuhan protein hewani yang diperlukan oleh manusia. Kandungan protein ikan relatif besar, yaitu antara 15–25%/100gr daging ikan. Selain itu, protein ikan terdiri dari asam – asam amino yang hampir semuanya dibutuhkan oleh tubuh manusia. Protein ikan banyak mengandung asam amino esensial. Kandungan asam amino sangat bervariasi, tergantung pada jenis ikan. 

        Pada umumnya, kandungan asam amino dalamyang ada pada daging ikan kaya akan lisin, tetapi kurang akan kandungan triptofan. Protein ikan dapat diklasifikasikan menjadi protein miofibril, sarkoplasma dan stroma. Komposisi ketiga jenis protein pada daging ikan terdiri dari 60–75% miofibril, 20-30% sarkoplasma dan 1-3% stroma. 

  


No comments:

Post a Comment

Post a Comment