Friday, March 30, 2012

Sifat-Sifat Unik Air


1. Air dalam kristal es
            Bila suhu dari air diturunkan, pelepasan panas akan menyebabkan pergerakan molekul– molekul air diperlambat dan volumenya mengecil, bila air didinginkan sampai 4°C suatu pola baru ikatan baru hydrogen terbentuk. Volume air sebaliknya mengembang ketika air diturunkan suhunya dari  4°C sampai 0°C. Ketika panas dilepas lagi setelah mencapai 0°C, terjadilah kristal dan ketika air es berubah menjadi kristal volumenya mendadak mengembang. Es memerlukan ruangan 1/11 x lebih banyak dari volume air pembentukannya, tetapi es bersifat kurang padat bila dibandingkan air, karenanya es terapung kepermukaan air.
       
2. Air menjadi uap
            Bila suhu air meningkat jumlah rata – rata molekul air dealam kerumunan molekul air menurun dan ikatan hydrogen putus dan akan terbentuk lagi dengan capat. Bila air dipanaskan dengan suhu yang lebih tinggi lagi sehingga molekul – molekul air bergerak demikian cepat dan tekanan uap air melebihi tekanan atmosfer, beberapa molekul dapat melarikan diri dari permukaan dan menjadi gas. Hal ini terjadi pada saat air mendidih dengan suhu 100°C diatas permukaan laut dengan tekanan barometer 760 mmHg. Dalam keadaan uap, molekul–molekul air menjadi bebas satu sama lainnya.

3. Larutan dalam air
            Air juga berfungsi sebagai bahan yang dapat mendispersikan berbagai senyawa yang ada dalam bahan makanan. Untuk beberapa bahan air berfungsi sebagai pelarut. Air dapat melarutkan berbagai bahan seperti garam, gula, vitamin dan mineral larut air dan senyawa-senyawa seperti yang terkadung pada teh  dan kopi. Larutan dalam air dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu yang ionik maupun yang molekuler. Pada bahan kristal sama seperti halnya  garam dapur (NaCl) atom Na mendonasikan suatu electron yang berada di lapisan luar kepada atom klorida (Cl) yang kekurangan satu electron pada lapisan luarnya sehingga menghasilkan ion Na+ dan Cl-.

No comments:

Post a Comment