Friday, March 30, 2012

Pola Kebiasaan Makan Si Ikan

       Pada ikan terdapat apa yang dinamakan feeding periodicity dimana masa ikan aktif mengambil makanan dalam rentang 24 jam bergantung kepada ikannya. feeding periodicity ada yang satu atau dua kali.  Lamanya ada yang satu jam, bahkan ada yang terus menerus. Pada ikan buas yang memakan mangsa ukuran besar maka pengambilan makanannya mungkin lebih dari satu hari.  Feeding periodicity ikan Nocturnal aktif pada malam hari dimulai dari matahari terbenam sampai pagi dan dan untuk ikan Diurnal pada siang hari. Feeding periodicity berhubungan dengan suplai makanan juga dengan musim.
Ikan dapat digolongkan berdasarkan jenis makanannya yaitu :
a.        Ikan Herbivora 
Ikan herbivora adalah ikan pemakan tumbuh-tumbuhan yang berbentuk mikroorganisme seperti phytoplankton.
b.        Ikan Karnivora
Ikan karnivora dalah ikan pemakan daging yang terdiri dari dua jenis, yaitu karnivora biasa dan predator. Karnivora biasa adalah ikan pemakan hewa-hewan kecil seperti zooplankton atau sisa dari hewan yang mati.  Sedangkan ikan predator adalah jenis ikan pemakan hewan yang masih hidup. Ikan jenis ini bersifat buas sehingga tidak bisa dicampurkan dengan ikan budidaya lain.
c.         Ikan Omnivora
   Ikan omnivora adalah ikan yang mengkonsumsi makanan nabati dan hewani.  Contoh ikan omnivora adalah ikan mujair dan ikan komet.
d.        Ikan Planktonophaagh
Ikan ini tergolong pemakan plankton, baik zooplankton maupun phytoplankton. Ikan planktonophaagh mempunyai alat penyaring di insang yang berfungsi untuk menyaring plankton yang masuk bersama dengan air ketika terjadi pernapasan.

Sedangkan berdasarkan cara makan, ikan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
a.        Ikan Pemangsa (Predator)
Ikan ini termasuk golongan ikan buas yang suka makan ikan jenis lain.  Gigi-giginya tajam dan kuat. 
b.        Ikan Penggerot (Grazer)
Cara makan ikan ini adalah dengan menggerogoti, yaitu makan sedikit demi sedikit. Contoh ikan penggerot adalah ikan Nilem dan Mujair.
c.         Ikan Penyaring (Strainer)
Ikan penyaring merupakan golongan ikan yang mengambil makanan dengan cara menyeser menggunakan mulutnya. Ikan berenang sambil membuka mulut, kemudian mulut dikatupkan sehingga air keluar melalui tutup insang. Contoh ikan penyaring adalah Layang                 (Clupea longiceps) dan Lemuru (Depterus russel).
d.        Ikan Pengisap (Sucker)
Golongan ikan ini mengambil makanan dengan cara mengisap lumpur di dasar perairan. Namun tidak semua jenis ikan ini dapat memisahkan antara makanan dan bukan makanan sehingga semua bahan yang terisap langsung ditelan saja. Contoh jenis ikan ini adalah ikan Mas (Cyprinus carpio).
e.         Ikan Parasit
Ikan parasit adalah ikan yang hidup sebagai parasit pada hewan lain yang lebih besar (baik ikan maupun bukan ikan). Ada juga yang menjadi parasit antara sesama jenis ikan, misalnya ikan yang jantan menjadi parasit ikan betina.

No comments:

Post a Comment